Seorang Tokoh Agama Meminta Penyuntikan Vaksin Covid-19 Pertama Dilakukan Jokowi dan Puan, apa Alasannya?

  • Whatsapp
Vaksin Covid-19

Penyuntikan vaksin covid-19 di Indonesia sedang dalam tahap pembahasan dan penelitian oleh pemerintah. Desas-desusnya akan dilaksankan pada tahun 2021 mendatang. Dengan segala persiapan dana APBN sebesar Rp 22 triliun, yang telah di kalkulasi oleh Badan keuangan Indonesia. Indonesia sudah mengumumkan bahwa proses vaksinasi harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan mendapatkan vaksin secara gratis bagi warga yang tidak mampu.

Salah seorang tokoh agama penceramah Abdullah Gymnastiar atau biasa kita kenal dengan Aa Gym, mengatakan bahwa proses vaksinasi nanti, diminta yang akan disuntik pertama adalah Jokowi, wakil presiden KH Ma`ruf Amin, ketua MPR Bambang Soesatyo, ketua DPR Puan Maharani, jajaran Menteri dan sejumlah pejabat di tanah air untuk di uji coba klaster pertama yang bersedia disuntik vaksin covid-19 pertama.

Aa Gym mengungkapkan meminta para pejabat tadi untuk suka rela menunjukan rasa kepercayaan kepada warga Indonesia sebelum tenaga medis yang mencoba, bahwa vaksin covid-19 terbukti keamanan dan efikasi vaksin covid-19. Sebelum tenaga medis yang mencoba wakil rakyat harus.

“Memang bagus vaksin kalau sudah terbukti teruji, supaya masyarakatnya percaya, ya Pak Presiden, Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, para Menteri, dan para Jenderal yang pemberani itu harus berani divaksin dulu, kalau nanti ingin masyarakat yakin. Nanti barisan kedua mungkin petugas kesehatan,” kata Aa Gym dalam Talkshow dan Sosialisasi Penanganan Covid-19 yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Rabu (16/12).

Aa Gym pun berani ikut turut serta dalam proses pem-vaksinan. Akan tetapi, jika para pejabat petinggi Negara dapat menjamin dan berani mencoba untuk disuntik vaksin pertama. Karena akan dapat menimbulkan kepercayaan masyarakat Indonesia, apabila upaya itu tidak dilakukan. Maka, akan timbul kekhawatiran masyarakat Indonesia akan efek samping dari vaksin covid-19. “Dan apabila sudah halal nanti dari BPOM dan MUI, Aa sangat-sangat bersedia, Dengan catatan, vaksin sudah terbukti dan teruji akan membawa kemanfaatan dan menjauhkan dari kebinasaan,” jelas Aa Gym.

Hal itu selaras dengan ketua apengurus besar ikatan dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih dalam beritanya sempat menyatakan bahwa dokter-dokter anggota organisasi kedokteran tersebut akan siap disuntik vaksin covid-19, dan menjadi target pertama , apabila Jokowi dan jajaran pejabat lainnya menjadi pionir yang bakal disuntik. Dokter-dokter anggota IDI, sudah mendapat izin resmi penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari otoritas BPOM.

Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan mengatakan, ada 1,2 juta dosis target vaksin covid-19 dari Sinovac, tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020 lalu. Yang akan di peruntukan khusus Tenaga Kesehatan, meliputi daerah pulau Jawa dan Bali. Sedangkan untuk program vaksin covid-19 gratis bagi para tenaga kesehatan pulau lainnya akan disusulkan periode selanjutnya pada  Januari 2021. Baik mandiri (berbayar), mapun gratis dengan jumlah penargetan 1,8 juta dosis di tanah air.

Jangan lupa kunjungi terus web Halodoc jangan biarkan dirimu ketinggalan informasi kesehatan . sekarang Halodoc dapat diakses dengan mudah oleh kalian. Halodoc sudah ada aplikasinya yang tersedia di App Store dan Play Store. Biasakan dirimu tetap sehat dan teratur dalam menjaga pola makanan ya! Sehat selalu.

Referensi :

  • CNN Indonesia. Diakses pada 16 Desember 2020. Aa Gym Minta Jokowi dan Puan Lebih Dahulu Disuntik Vaksin Covid

Related posts