Kekebalan Tubuh yang Baik untuk Lawan Corona

  • Whatsapp
Kekebalan Tubuh yang Baik untuk Lawan Corona

Sistem kekebalan tubuh adalah sistem kompleks yang terdiri dari organ, jaringan dan sel yang bekerjasama untuk melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan secara menyeluruh. Sistem imunitas baik dikembangkan untuk mencegah infeksi corona sebagai benda asing yang terdapat tubuh. Sistem imunitas pada tubuh manusia melalui mekanisme yang komplek dan rumit. Sistem imunitas mengenal molekul unik dari virus maupun bakteri yang telah merangsang timbulnya antibodi serta sel darah putih dan adanya limfosit ditandai dengan antigen yang masuk lalu menghancurkannya.

Proses reaksi imunitas merupakan mekanisme terhadap pertahanan tubuh dalam melawan benda asing yang mungkin masuk dalam tubuh, limfosit yang memiliki sel memori berkembang sehingga mempunyai kemampuan zat kekebalan pada tubuh akan lebih tahan lama. Jika sel maupun jaringan seperti organ tubuh akan ditransplantasikan pada tubuh seseorang akan menolak benda asing yang dianggap menganggu jaringan tubuh. Benda asing dianggap menjadi pendatang yang perlu di usir dan sederhana didefinisikan kekebalan tubuh merupakan cara tubuh untuk dapat melawan benda asing. Memori sel akan berupaya untuk mengenal benda asing yang akan masuk, hal ini dianggap sebagai reaksi imunitas primer. Jika benda asing masuk untuk kedua kalinya maka sel memori akan cepat dan efektif untuk merangsang berbagai benda asing dan reaksi tubuh akan cepat.

Bagi orang yang merasa sehat, kekebalan tubuh beradaptasi dan berubah sesuai dengan respon terhadap virus, bakteri, kuman hingga parasit setiap harinya. Paparan yang terus menerus akan membuat imun mempelajari kuman dan membangun kekuatan dalam melawan, namun kasus yang cukup jarang terjadi adalah orang yang memiliki kekebalan kronis akan membuat sistem tubuh tidak mampu melawan kuman secara maksimal sehingga rentan terkena infeksi. Pada tubuh manusia, kekebalan tubuh paling berada di usus atau saluran pencernaan, berdasarkan Dr. Katharine Woessner yang menyatakan saluran cerna memiliki sistem imun yang bekerja keras dan terus menerus akan mengenali bakteri buruk dan baik bagi kesehatan.

Terdapat kelenjar timur yang berada pada bagian tulang dada untuk menghasilkan sel darah putih. Sel T yang masih belum matang akan dikirimkan menuju timur untuk segera dimatangkan dan menjadi bagian penting untuk imunitas tubuh. Kelenjar timur memiliki masa emas ketika masih anak-anak dan ketika pubertas akan beranjak menjadi jaringan lemak dan mengalami gangguan yang menyebabkan kekebalan tubuh menjadi terganggu. Manusia bisa hidup tanpa adanya limpa, limpa merupakan organ tubuh baik untuk sistem limfatik yang membersihkan darah dari berbagai bakteri, virus dan benda asing, kekebalan tubuh akan tetap diproduksi oleh tubuh dari patogen.

Berikut adalah jus yang baik untuk menjaga tubuh dari wabah corona diantaranya:

  • Jus jeruk dengan kandungan vitamin C serta antioksidan dalam menangkal radikal bebas dan melawan infeksi.
  • Jus semangka yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki banyak kandungan air dan meringankan gejala flu.
  • Jus campuran selada, bayam dan kale dengan kandungan vitamin A, B6 dan C serta besi dan kalium untuk meningkatkan imun tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, dapat mengonsumsi jus tomat yang segar dengan kandungan vitamin C dan asam folat baik untuk perlindungan tubuh dari berbagai infeksi. Jus campuran apel, jeruk dan wortel yang akan memberikan perlindungan tubuh dari demam dan flu, termasuk mencegah adanya infeksi corona. Beberapa jus ini akan membantu tubuh tetap berada dalam tingkat kesehatan yang baik dan terhindar dari penyakit yang sering menyerang tubuh.

Related posts