Daerah Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia

  • Whatsapp

Bawang merah merupakan salah satu komponen masakan yang banyak dibutuhkan setiap hari oleh seluruh masyarakat. Hal ini tentunya tidak luput dari aroma dan rasa yang khas dari bawang tersebut ketika diolah bersama dengan bumbu masakan lainnya.

Sehingga mampu menambah cita rasa masakan Indonesia bahkan bawang ini juga digunakan sebagai alternatif alami untuk menjaga tubuh dari penyakit tertentu. Terdapat beberapa daerah di Indonesia dengan penghasilan bawang merah terbesar dalam waktu tertentu.

Dimana sajakah daerah di Indonesia yang menjadi penghasil terbesar bawang dengan rasa gurih ini? Simak penjelasan berikut ini.

Jejeran Daerah Penghasil Bawang Merah Terbesar di Indonesia

Beberapa daerah penghasil tersebut bawang ini, antara lain :

  1. Malang

Malang merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Timur dengan iklim yang sejuk. Daerah ini juga memiliki lahan pertanian dengan tanah yang subur dan gembur. Oleh karena itu, kondisi wilayah ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuka lahan pertanian bawang-bawangan utamanya bawang dengan warna merah ini.

Dengan adanya kondisi wilayah yang mendukung disertai dengan iklim daerah yang cocok untuk pertumbuhan bawang, menjadikan Malang sebagai salah satu daerah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. Daerah dengan iklim sejuk ini mampu menghasilkan 24,5 ton bawang setiap hektarnya dalam sekali panen.

Tentunya hasil panen tersebut menjadi komoditas yang mampu menyokong perekonomian negara karena umumnya pemerintah daerah bekerja sama dengan petani untuk memasok bawang-bawang tersebut ke seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga di ekspor ke negara tetangga.

  1. Garut

Garut merupakan salah satu wilayah yang ada di Jawa Barat dengan kondisi wilayah yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bawang. Sehingga daerah ini menjadi pemasok utama di daerah Jawa Barat terkait dengan kebutuhan bumbu masak tersebut.

Kenaikan hasil pertanian bawang di daerah Garut ini terjadi secara berturut-turut mulai dari tahun 2014 hingga 2017. Bahkan hasil pertanian bawang di daerah Garut ini mampu mencapai angka 35 ton lebih dalam sekali panen.

  1. Brebes

Daerah penghasil bawang merah terbesar selanjutnya adalah Brebes yang mampu menyumbangkan 347,7 ton per tahun. Oleh karena itu, tidak heran bahwa daerah ini menjadi salah satu wilayah yang mampu memasok kebutuhan bawang untuk masyarakat Indonesia.

Bahkan hasil pertanian bawang yang berasal dari Brebes ini dijadikan sebagai komoditas ekspor yang banyak diperlukan oleh berbagai negara di dunia. Hal ini tentunya tidak hanya memberikan keuntungan bagi masyarakat karena kebutuhan bumbu dapur dapat terpenuhi.

Tetapi hal ini juga memberikan keuntungan bagi para petani bawang Indonesia sekaligus meningkatkan perekonomian nasional.

  1. Demak

Berbagai macam masakan Indonesia yang mayoritas menggunakan berbagai macam rempah-rempah termasuk bawang merah menjadikan komponen masakan tersebut dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Tentunya untuk mengatasi hal ini perlu adanya daerah yang mampu memasok kebutuhan bawang di Indonesia.

Salah satunya adalah daerah Demak yang menjadi penghasil terbesar bawang dengan rasa gurih ini di Indonesia. Demak mampu menghasilkan 423,466 kuintal bawang dengan luas lahan pertanian 6.000 hektar.

Daerah ini menjadi penghasil bawang terbesar kedua setelah Brebes di daerah Jawa Tengah. Bahkan masyarakat di daerah ini memang memanfaatkan lahan yang mereka miliki sebagai lahan pertanian bawang. Sehingga tidak heran jika hasil pertanian bawang dengan warna merah di daerah Demak mencapai angka yang tinggi.

  1. Solok

Daerah ini merupakan salah satu daerah yang berada di luar Pulau Jawa yang mampu menghasilkan komoditas bawang merah dalam jumlah yang tinggi yakni 825.000 ton per 7.300 hektar.

Oleh karena itu, Indonesia masih memiliki daerah cadangan yang mampu memasok kebutuhan bawang-bawangan di luar Pulau Jawa khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai beberapa daerah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia. Tentunya hasil pertanian tersebut menjadi komoditas unggulan bagi negara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan perekonomian nasional.

Salah satu agen yang menyediakan berbagai macam jenis komoditas asli Indonesia terutama bumbu masakan seperti bawang adalah TaniHub yang melakukan kerja sama secara langsung dengan petani Indonesia untuk memperoleh produk unggul dan berkualitas.

Related posts