Cek Masa Subur Anda Menggunakan Kalkulator Ovulasi

  • Whatsapp
Cek Masa Subur

Menggunakan kalkulator ovulasi untuk mengecek masa subur Anda memang sangat membantu. Pasalnya, informasi yang nantinya diperoleh bisa jadi data tambahan Anda. Ovulasi adalah masa di mana alat reproduksi Anda sedang mengoperasikan fungsinya yang  terbaik.

  1. Fungsi Menggunakan Kalkulator Ovulasi

Mengetahui masa ovulasi akan membantu Anda kapan seharusnya berhubungan intim agar cepat hamil. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur, hasil dari pengecekan tersebut akan akurat. Dengan hal ini, Anda bisa memperbesar peluang Anda untuk bisa hamil.

  1. Cara Mengetahui Masa Subur

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur, yakni dengan membeli alat tes masa subur yang dijual di apotek. Namun, jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah. Mengeceknya dengan kalkulator ovulasi merupakan pilihan yang terbaik.

Anda bisa menemukan kalkulator ini di berbagai situs internet yang terpercaya. Banyak situs yang menyediakan fitur pengecekan masa subur yang akurat dan dapat dipercaya. Adapun hal penting dan dibutuhkan dalam pengecekan masa subur ini adalah sebagai berikut.

  1. Lamanya Siklus Haid

Siklus haid perlu dihitung untuk membantu perhitungan masa subur Anda. Siklus haid merupakan rentang waktu antara hari pertama haid di bulan pertama dengan bulan berikutnya.

Umumnya siklus haid berada di rentang angka 21 hingga 31 hari. Jika siklus haid Anda berada di angka tersebut, berarti siklus haid Anda termasuk yang teratur. Peluang Anda dalam memperoleh kehamilan saat masa ovulasi pun lumayan besar.

  1. Tanggal Pertama Haid Terakhir

Anda juga perlu memasukkan data terkait tanggal pertama haid terakhir. Jika Anda lupa, sebaiknya Anda mengingat-ingatnya karena data ini sangat penting untuk menghitung masa subur Anda.

  1. Hasilnya Bisa Anda Pertimbangkan Saat Membuat Keputusan

Hasil dari perhitungan masa subur Anda dapat membantu dalam menentukan keputusan. Apakah Anda akan ingin cepat hamil atau justru menunda kehamilan. Keputusan tersebut bisa Anda pilih jika telah mengetahui kapan masa subur Anda dimulai.

Masa subur terjadi ditandai dengan keluarnya lendir dari mulut rahim, merasa nyeri pada bagian perut dan punggung, suhu basal tubuh meningkat, merasa lebih bergairah daripada biasanya.

  1. Jangan Jadikan Hasil Perhitungan Sebagai Satu-satunya Sumber Data

Meskipun hasil dari pengecekan 100% akurat, tetapi Anda tidak disarankan untuk mempercayainya penuh. Silakan konsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya terkait masalah tersebut. Anda juga bisa konsultasikan hasil pengecekan Anda dengan dokter supaya informasi yang Anda dapat lebih transparan.

Nah, itulah keempat hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam pengecekan menggunakan kalkulator ovulasi. Karena masa ovulasi atau masa subur ini berpengaruh terhadap kehamilan, jadi bagi Anda yang ingin hamil, perhatikan masa subur Anda.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah hamil dan mempunyai anak. Cara lain juga bisa Anda lakukan untuk mengecek masa subur Anda. Yang penting, situs tempat Anda mengeceknya terpercaya. Anda juga bisa mengeceknya manual dengan cara menandai kalender ketika Anda menstruasi.

Siklus menstruasi sangat berpengaruh terhadap kesuburan Anda. Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, Anda perlu waspada. Pasalnya, hal tersebut dapat menimbulkan penyakit gangguan tiroid dan kelainan pada indung telur.

Oleh sebab itu, jagalah makanan yang Anda konsumsi serta harus sering-sering berolahraga agar tubuh Anda sehat dan terhindar dari penyakit. Jika tubuh Anda sehat, Anda akan cepat hamil ketika masa subur.

Related posts